Kalian pernah gak sih kepikiran dari mana penghasilan travel blogger atau blogger lainnya? Travel Blogger adalah orang yang menginfluence segala sesuatu yang berkaitan dengan travel atau wisata, biasanya travel blogger memiliki penggemar dan memiliki banyak followers di media sosial, karena banyaknya followers atau penggemar mereka itulah Travel Blogger memiliki penghasilan ngga hanya dari iklan Google Adsense saja.
Foto hanya pemanis :D

Dan kebanyakan Travel Blogger tidak hanya aktif di blog saja, mereka juga aktif membuat konten travel di media sosial lain seperti Youtube dan Tiktok, karena kalau hanya mengandalkan penghasilan dari blog saja mungkin masih kurang untuk biaya nikah lagi kebutuhan sehari hari ya.

Yang paling penting jika kamu ingin jadi Travel Blogger adalah konten yang menarik, buatlah konten semenarik mungkin yang bisa membuat pembaca blog kamu berkunjung lagi ke blog kamu, bahkan bisa follow media sosial kamu karena keunikan tulisanmu.

Banyak Travel Blogger Indonesia yang sudah sukses dari konten konten traveling mereka, tentunya karena adanya semangat dan kreatifitas yang mereka punya.

Beberapa Travel Blogger Indonesia yang saya kenal diantaranya adalah :

Catperku adalah singkatan dari catatan perjalananku, pemilik blog ini juga ngga hanya ngeblog tapi juga ngeyoutube, channel Youtubenya beberapa berisi tentang perjalanannya ke berbagai tempat wisata dengan naik motor, saya juga sering baca tulisan mas Fahmi ini.

Blogger perempuan ini adalah salah satu idola saya, karena selain tulisannya yang asik banget, foto foto travelingnya juga bagus bagus banget, apalagi saat dia sedang paralayang coba aja deh cek langsung di instagramnya.

Bang Wira ini sekarang nggak hanya aktif ngeblog tapi dia juga aktif ngeyoutube, chanel youtubenya berisi tentang perjalanannya dan merview transportrasi yang dia gunakan seperti pesawat, kereta, dan bus.

Saya pernah ketemu sama mas bolang saat berada di eventnya Lumix, menulis dan menginformasikan tentang travel sudah menjadi pekerjaannya, mas Bolang ini juga sering pergi pergi bareng Wiranurmansyah karena terkadang memang jobnya bareng.

Ngeblog dan traveling sudah menjadi pekerjaan mereka, terus dari mana saja mereka mendapatkan penghasilan? Yuk kita langsung bahas saja, Sumber Penghasilan Travel Blogger Indonesia.

1. Google Adsense
Sebenarnya penghasilan Travel Blogger dari Google Adsense tidak terlalu banyak, tapi boleh dibilang niche travel untuk adsense Cost Per Clicknya lumayan juga. Tapi kalau hanya mengandalkan penghasilan dari Google Adsense saja tentu kita ngga bisa sering sering traveling dan bikin konten travel maka dari itu kita harus punya penghasilan lainnya selain dari Google Adsense.

Jika kamu punya blog, blog apapun itu dan kamu ingin mendapatkan penghasilan dari blogmu itu kamu bisa cobain daftarkan blog kamu ke Google Adsense, siapa tau bisa menjadi penghasilan tambahan buat kamu. Tapi mendaftar di Google Adsense banya peraturan yang harus kamu patuhi, dan blog kamu juga harus benar benar blog yang berisi tulisan original buatan kamu sendiri.

Jika kamu sudah daftar dan diterima Google Adsense kamu bisa mendapatkan pengasilan dari setiap klik yang dilakukan pengunjung kamu, selain klik jumlah view juga bisa menambah penghasilanmu dari Google Adsense.

2. Review Produk
Review produk tidak hanya bisa dilakukan di Instagram atau Youtube saja tapi juga bisa di blog, blog pribadi biasanya pasti salah satu penghasilannya dari review produk yang mereka tulis di blog mereka, untuk blog travel bisa saya contohkan kita bisa dibayar untuk review hotel, aplikasi travel, aplikasi booking tiket atau hotel, restaurant, dan lainnya. Tidak hanya blog travel saja, blog lain seperti kecantikan dan life style juga sering dibayar untuk mereview produk.

Kamu bisa cobain review produk apapun yang sesuai tema blogmu tanpa mikir bayaran dulu, bisa dibilang buat portofolio jika nanti ada yang menanyakan tarif dan portofolio review produk di blog kamu. Seperti yang sudah saya lakukan, saya mereview beberapa tempat makan, hotel, dan aplikasi booking tiket untuk portofolio saya, yang jelas harus masih sesuai tema blog kita.

3. Afiliasi 
Afiliasi juga bisa kamu lakukan jika kamu ingin mendapatkan penghasilan di blog kamu selain dari Google Adsense, gimana sih afiliasi itu? Contoh singkatnya gini, saya punya blog dengan artikel yang menjelaskan tentang kelebihan belanja di Shopee, dan di artikel itu saya menyarankan anda untuk mendownload aplikasi Shopee lewat link yang saya berikan dan jika kamu download dan belanja di shopee menggunakan link saya itu maka saya mendapatkan komisi dari Shopee. Cukup mudah, ada banyak banget perusahaan yang menggunakan program afiliasi ini, kamu cukup menyalin kode referal kamu dan kamu share di setiap postingan di blog kamu. 

Sumber penghasilan lainnya :
4. Media Trip / Press Trip
5. Jual Foto Travel
6. Mempromosikan Program Traveling
7. Menjadi Tour Guide
8. Sewa Iklan Banner 
9. Jasa Konsultasi Travel

Sementara hanya itu yang bisa saya share, yuk ceritakan pengalaman ngeblog kamu di kmentar, dan jika kamu sudah bisa menghasilan dari blog kamu share juga ya pengalamannya, terima kasih sudah mampir :D

Post a Comment