Haloo pemirsah, di hari kamis gerimis romantis saat ini saya akan menulis tentang strategi menghadapi persaingan bisnis, sebelumnya saya mau tanya apakah kamu masih kepikiran mantan? Kalau bisa berhentilah untuk terus memikirkan mantan karena untuk menghadapi persaingan bisnis kamu butuh pemikiran yang sehat tanpa ada bayang bayang mantan.

Apa sih persaingan bisnis itu? Persaingan bisnis adalah kompetisi antara penjual atau pebisnis dengan tujuan sama sama ingin mendapatkan keuntungan atau peningkatan penghasilan. Setiap bisnis pasti ada saingannya tapi jangan lupa dengan kata kata "rejeki sudah ada yan ng" dan tentunya jangan pernah lupa dengan strategi menghadapi persaingan bisnis.
Dijaman yang canggih ini jika bisnismu belum memiliki strategi untuk mengahadapi persaingan maka produkmu akan tenggelam dan berkarat.
Apa saja strategi untuk menghadapi persaingan bisnis?

  • Meningkatkan pemasaran

Pemasaran atau marketing sangat penting untuk produkmu, jika produkmu bagus tapi marketingnya tidak bagus ya produkmu akan tertilap oleh produk saingan. Marketing memiliki strategi yang harus kamu jalani, apa saja?

  1. Strategi marketing yang pertama adalah dengan digital marketing, karena sekarang jamannya teknologi digital, jamannya internet, kalau kamu belum menggunakan digital marketing produkmu tidak akan ada peningkatan. Kamu bisa membuatkan website atau akun media sosial untuk bisnismu, misalnya kamu punya bisnis penyewaan, kamu bisa tuh buat website untuk menginfokan apa yang kamu sewakan, jika kamu ingin membuat website dengan hosting terbaik kamu bisa kunjungi Niagahoster .
  1. Strategi marketing yang berikutnya adalah dengan menjadikan organisasi atau komunitas sebagai client atau pembeli kita, kenapa begitu? Kalau client kita adalah anggota suatu komunitas pasti lebih menjamin, contohnya jika kamu punya usaha PPOB, kamu promosikan ke komunitas atau organisasi dengan ajakan organisasi tersebut menggunakan PPOBmu untuk menambah pemasukan atau kas organisasi dan yang menggunakan jasa PPOB yang diageni oleh pengurus organisasi adalah seluruh anggotanya, itu cukup mudah bukan?
  • Memiliki harga yang kompetitif
Harga yang kompetitif maksudnya gimana? Harga yang kompetitif itu lebih rendah dari harga pasaran tapi dengan kualitas yang sama, tentunya tanpa membuat kita rugi, atau jika harga lebih rendah dari pasaran dirasa sulit  bisa dengan harga sama dengan pasaran tapi target kalangan menengah keatas.

  • Harus tahu pesaing
Kamu harus tahu pesaingmu itu bagaimana, termasuk kenapa produk mereka bisa laku itu karena apa, tapi jangan semua yang dijalankan oleh pesaing kamu tiru, tetap buatlah strategi dengan ciri khasmu, dan buatlah produk yang bisa membuat banyak orang mengingat produkmu.

  • Pelayanan yang berbeda
Jika usahamu banyak saingannya jangan khawatir, karena kamu bisa menggunakan strategi yang bisa menjaga konsumen dan meningkatkan konsumen, kamu haru membuat pelayanan yang unik atau berbeda dengan perusahaan lain, seperti diskon untuk pembelian berikutnya atau diskon jika pembeli mempromosikan di media sosial mereka.

  • Marketing sudah siap dari dulu
Di artikel tentang bisnis lainnya ini juga saya bahas karena menyiapkan jalur promosi atau jalan untuk marketing sangat penting untuk kita yang ingin mendirikan usaha, jadi sebelum usahamu dibuat kamu sudah ada strategi strategi dan bahan promosi, agar saat usahamu didirikan bisa langsung ada pembeli.

Sementara itu dulu penjelasan dari saya, bersainglah dengan cerdas dan selamat menjalankan bisnismu,semoga selalu diberi kelancaran dan selalu ada peningkatan. Baca artikel tentang bisnis lainnya yaa karena blog ini adalah blog bisnis yang membahas bisnis dan lainnya yang berhubungan dengan uang dan penghasilan, terima kasih sudah berkunjung!. Semoga Sukses.


Post a Comment